Rabu, 28 Maret 2012

TUGAS 3


ABSTRAK PENGANGGURAN
Masalah Pengangguran sudah terdengar  biasa bagi bangsa Indonesia, pengangguran tidak hanya ada di Negara yang berkembang saja namun di Negara maju pun ada pengganguran namun pengangguran di Negara maju tidak begitu terlihat jelas. Pengganguran itu sendiri di sebabkan dapat di sebabkan oleh 2 faktor  yaitu Faktor  perekonomian ada dan faktor pribadi.
1.      Faktor  perekonomian adalah faktor ini disebabkan oleh ketimpangan yang antara pencari kerja dan lapangan kerja, banyak nya keputusan pemerintah yang tidak berpihak pada rakyat, pengembangan sector ekonomi non-real,dan kemejuan teknologi.
2.      Faktor pribadi adalah faktor yg disebabkan karena faktor  yang ada pada diri sendiri seperti : kemalsan, rendah nya pendidikan, kurangnya dalam pergaulan.
Pengguran dapat tebagi menjadi beberapa jenis dan macam-macam penggauran.
Berdasar kan jenis-jenis penganggguran dibagi menjadi:
a.       Penggangguran terselubung
Yaitu pengangguran sesorang yg tidak bekerja secra optimal karena suatu alasan
b.      Setengah menganggur
Yaitu seseorang yang bekerja tidak bekerja secara optimal karena tidak ada lapangan pekerjaan
c.       Pengangguran terbuka
Yaitu seseorang yang benar – benar tidak mempunyai pekerjaan sama sekali, jenis pengganguran seperti ini cukup banyak  karena memang belum mendapatkan pekerjaan padahal telah berupaya semaksimal mungkin
Macam-macam pengangguran:
a.       Pengangguran konjungtural
Yaitu pengangguran yang disebabkan oleh perubahan siklus ekonomi
b.      Pengangguran Struktural
Disebabkan oleh perubahan struktur ekonomi, seperti : Akibat permintaan berkurang,akibat kemajuan teknologi,dan akibat kebijakan pemerintah.
c.       Pengangguran Friksional
Terjadi karena akibat ketidaksesuain antara pemberi kerja dengan dan pencari kerja.
d.      Pengangguran Musiman
Pengangguran yang disebabkan oleh perubahan musim.
e.       Pengangguran Teknologi
Disebabkan oleh pergantian dari tenaga kerja menjadi tanaga mesin.
f.       Pengangguran Siklus
Disebabkan karena menurun nya kegiatan ekonomi karena terjadi resesi dan kurang nya permintaan masyarakat.
Akibatnya, pengangguran memberikan dampak yang merugikan terhadap perekonomian Negara yang dianatara nya yaitu masyarakat tidak dapat memaksimalkan tingkat kemakmuran yang di capainya, penadapatan nasional dari sektor pajak berkurang,menurun nya daya beli masyarakat dan permintaan terhadap barang hasil produksi menurun dan di ikuti dengan menurun nya tingkat investasi. Selain itu pengangguran juga memberikan dampak individu itu sendiri dan masyarakat  yang menyebabakan hilng nya mata pencahariaan, hilang nya keterampilan, dan menimbulkan ketidakstabilan sosial politik.
Pengangguran dapat teratasi apabila ada nya perhatian lebih banyak lagi dari pemerintah untuk menangani masalah pengangguran ini melalui kebijakan-kebijakan yang dapat berpihak terhadap rakyat dan bukan malah menyengsarakan rakyat, selain itu pengangguran dapat teratasi apabila kita sebagai individu (pencari kerja)  walaupun lapangan untuk mencari pekerjaan itu sedikit dan terbatas hal itu teratasi apabila kita berusaha dan berpikir kretif  untuk  membuka lapangan usaha sendiri itu lebih baik pada bekerja dengan orang lain.
NAMA KELOMPOK:
1.      CASKIRAH (28211405)
2.      DESTY SRI ANGGRAINI (21211914)
3.      IBAH SITI SYAHIBAH (28211424)
4.      PRICILIA MEIDY (28211722)

KELAS: 1EB27

Tidak ada komentar:

Posting Komentar