1. Kegiatan Dari fungsi produksi
v Proses
Didirikan pada 5
Desember 1933,
-pada tahun 2000 perusahaan ini bergerak dibidang
pembuatan,pengembangan,pemasaran, dan penjualan dengan merk dagang
Bango,parkiet,sakura dan merek dagang lain nya.
-pada tahun 2002 perusahaan ini bergerak dibidang distribusi,ekspor
dan impor barang-barang dengan merk dagang Domestos Nomos.
1920
-30 Impor oleh van den Bergh,
Jurgen dan Saudara
1933 Pabrik Sabun - Zeepfabrieken NV
Lever ini - Angke, Jakarta
1936 Margarin dan minyak produksi
van den Bergh yang Fabrieken NV - Angke, Jakarta
1941 Kosmetik pabrik - Colibri NV,
Surabaya
1942
-46 Unilever kontrol dihentikan
(Perang Dunia II)
1965
-66 Di bawah kendali pemerintah
1967 Kontrol dari bisnis kembali ke Unilever
berdasarkan hukum penanaman modal asing
1981 Go public dan terdaftar di
Bursa Efek Jakarta
1982 Pembangunan Pabrik Elida Gibbs
di Rungkut, Surabaya
1988 Transfer Pabrik Sabun Toilet
dari Colibri ke Pabrik Rungkut, Surabaya
1990 Masuk ke dalam bisnis teh
1992 Pembukaan pabrik es krim
1995 Konstruksi pabrik deterjen dan
makanan di Cikarang, Bekasi
1996
-98 Konsolidasi fasilitas
manufaktur - Cikarang, Rungkut
1999 Deterjen Cair NSD - Cikarang
2000 Masuk ke bisnis kecap
2001 Pembukaan pabrik teh - Cikarang
2002 Pembukaan pusat distribusi
sentral Jakarta
2003 Masuk ke bisnis obat nyamuk
bakar
2004 Masuk ke bisnis makanan ringan
2005 Pembukaan cair / shampo pabrik
Cikarang
2008 Masukkan ke buah berbasis
Vitalitas bisnis minuman
Unilever Indonesia telah tumbuh menjadi perusahaan terkemuka Home
dan Personal Care serta Foods dan produk Ice Cream di Indonesia.
Portofolio Unilever Indonesia mencakup banyak merek dunia paling
dikenal dan dicintai, seperti Pepsodent, yang Pond, Lux, Lifebuoy, Dove,
Sunsilk, Clear, Rexona, Vaseline, Rinso, Molto, Sunlight, Wall, Blue Band,
Royco, Bango dan banyak lagi.
Sampai saat ini, tujuan perusahaan ini tetap sama semua pegawai
yang terlibat bekerja untuk menciptakan masa yang lebih baik setiap hari yaitu memabantu
orang merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati kehidupan dngan
merk dan layanan yang baik bagi mereka mau pun bagi orang lain,menginspirasi
orang untuk mengambil tindakan sehari-harikecil yang dapat menambah hingga
membuat perbedaan besar bagi dunia, dan mengembangan cara-cara baru melakukan
bisnis yang akan memungkinkan kita untuk tumbuh sekaligus mengurangi dampak
lingkungan perusahaan.
·
Lokasi
Pabrik
Perusahaan berusaha untuk mengelola dan mengembangkan bisnis
secara bertanggung jawab dan berkelanjutan. Nilai-nilai dan standar yang
ditetapkan dalam Kode Etik Prinsip Bisnis (CoBP) yang sepenuhnya di pegang oleh perusahaan. Perusahaan juga berbagi nilai-nilai dan standar dengan mitra
bisnis termasuk pemasok dan distributor perusahaan.
Perusahaan
memiliki enam pabrik di Jababeka Industrial Estate, Cikarang, Bekasi dan dua
pabrik di Kawasan Industri Rungkut, Surabaya, Jawa Timur, dengan kantor pusat
di Jakarta. Lokasi
tersebut merupakan tempat yang paling strtegis karena lokasi perusahaan
tersebut merupakan kota besar yang ada di Indonesia dan lokasi tersebut
memungkin banyak nya konsumen dan distributor.
·
Layout
Pabrik
Perusahaan ini memproduksi
beberapa merk diantara nya adalah sebagai berikut:
1. Merk Makanam
Ø
Bango
Ø
Buavita
Ø
Blue Band
Ø
Royco
Ø
Sariwangi
Ø
Talas
Ø
Wall
Makanan Unilever Solutions
menyediakan bahan dan jasa untuk memenuhi kebutuhan khusus dari pelanggan kami. Menghemat waktu persiapan yang berharga di dapur tanpa
mengorbankan rasa atau bakat, untuk melayani makanan lezat dan sehat untuk para
tamu mereka. Menggambar pada keahlian dari jaringan kami
lokal dan global koki, peneliti, dan ahli gizi, kami juga memberikan wawasan
dan inspirasi untuk menu sehat dan ide-ide operasi dapur.
2. Perawatan rumah
Ø
CIF
Ø
Domestos Nomos Protector
Ø
Purelt
Ø
Rinso
Ø
Sinar Matahari
Ø
Viso
Ø
Vixal
Ø
Wipol
3. Perawatan pribadi
Ø
Axe
Ø
Citra
Ø
Hapus (clear)
Ø
Dove
Ø
Lifebuoy
Ø
Lux
Ø
Pepsodent
Ø
Pond’s
Ø
Rexona
Ø
Sunsilk
Ø
Vaseline
4. Nutrisi
Perusahaan telah membuat kebijakan dan pedoman untuk memastikan kita
selalu bertindak secara bertanggung jawab ketika datang ke kesehatan dan gizi.
·
mendorong
diet seimbang dengan jumlah yang tepat protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan
mineral
·
mengembangkan
berbagai tumbuh rendah lemak, rendah gula, rendah kalori alternatif, ditambah
produk-produk 'kesehatan aktif' lebih
·
tanggung
jawab pemasaran makanan dan minuman kami dan membantu untuk mengurangi konsumsi
yang berlebihan
·
membantu
orang memahami manfaat nutrisi dari produk kami
·
menciptakan
produk yang mencerminkan fakta bahwa orang hanya akan makan makanan yang mereka
nikmati
·
memiliki
bukti spesifik suara yang mendukung semua klaim kami
·
membuat
kontribusi signifikan untuk meneliti hubungan gizi dan kesehatan, seperti efek
dari lemak baik (lemak tak jenuh), buah-buahan & sayuran dan vitamin dan
mineral
5. Kesahatan, kebersihan, & kecantikan
"Bagaimana kita
berkomunikasi masalah kebersihan untuk konsumen memainkan peran penting dalam
keberhasilan merek kami," kata Walter Gibson, pemimpin kelompok
bioscience, R & D, HPC. "Ada banyak yang bisa kita
pelajari dari ilmu-ilmu sosial dan psikologis. Tapi kita juga perlu melihat
hati-hati pada jenis produk yang kita gunakan dan mekanisme pengiriman,"
katanya. "Sebagai contoh, gel mungkin lebih tepat
daripada sabun di daerah di mana ada sedikit air yang mengalir."
Salah satu merek tertua
perusahaan ini yaitu Lifebuoy, contoh komitmen perusahaan untuk kesehatan juara
melalui kebersihan bagi semua orang.
Unilever adalah salah satu
pemasok terkemuka yang bergerak cepat barang konsumen dengan produk yang dijual
di lebih dari 170 negara. Portofolio yang kuat kami makanan, rumah dan merek perawatan
pribadi yang dipercaya oleh konsumen di seluruh dunia.
Kami atas 13 merek account
untuk total penjualan lebih dari € 23 miliar. Merek ini Axe / Lynx, Blue Band, Dove, Flora /
Becel, es krim Heartbrand, yang Hellmann, Knorr, Lipton, Lux, Omo, Rexona,
Sunsilk dan Surf. Atas kami 25 merek account
selama lebih dari 70% dari penjualan kami.
Dengan konsumen, pelanggan,
pemasok dan pemegang saham di setiap benua, kita menggambarkan diri kita
sebagai 'multi-lokal multinasional'. Sebuah bagian penting dari masyarakat setempat di mana kami
beroperasi, kami membawa keahlian internasional kami untuk melayani orang di
mana pun.
·
Pengendalian
Produksi
Produknya
terdiri dari sekitar 32 merek kunci dan 700 SKU yang dijual melalui jaringan
distributor independen sekitar 370 mencakup ratusan ribu outlet di seluruh
Indonesia. Produk didistribusikan melalui pusat distribusi sentral sendiri,
gudang satelit, depot dan fasilitas lainnya.
Sebagai
perusahaan yang bertanggung jawab sosial, Unilever Indonesia telah Tanggung
Jawab Perusahaan sebuah program yang luas (CSR) Sosial. Keempat pilar program-programnya
Lingkungan, Gizi, Kebersihan dan Pertanian Berkelanjutan. Contoh program CSR kami meliputi Kampanye Cuci Tangan dengan Sabun
(Lifebuoy), Program Pendidikan Kesehatan Gigi dan Mulut (Pepsodent), Program
Konservasi Makanan Tradisional (Bango), dan Kampanye untuk Memerangi Kelaparan
dan Malnutrisi untuk membantu anak-anak kekurangan gizi Indonesia (Blue Band) .
2.
Kegiatan Fungsi Pemasaran
Untuk
mempelancar kemajuan perusahaan maka Dalam kegiatan fungsi pemasaran dapat dikendalikan perusahaan dengan 4P yaitu
Produck,price,place dan promotion:
·
Produk
PT. Unilever berusaha untuk mengelola dampak operasi perusahaan pada masyarakat
dan lingkungan. Produk Unilever terus memperkenalkan kemasan-kemasan yang
terbaru, tetapi Unilever tetap mempertahankan kualitas produknya, sehingga membagi pasar produk sabunnya dalam 3 merek, yaitu Lux
(untuk kecantikan wanita), Lifebuoy (Kesehatan-keluarga) dan Dove (kecantikan
sejati karena cantik itu tidak mengenal usia, ras dan batasan) sehingga keistimewaan
formulanya yang hingga kini belum bisa dicontoh oleh produsen sabun dimanapun.
.
·
Price
Unilever menciptakan brand
masing-masing pada setiap produk.
Unilever tidak
saja menjawab kebutuhan pasarnya tetapi juga memastikan kempetitornya untuk
berfikir beberapa kali sebelum menyemplungkan diri kekancah persaingan
Perusahaan PT. Unilever dalam semua produk
yang dipasarkan meminpin harga rendah oleh sebab itu semua konsumen yang ada di
Indonesia dapat membeli barang tersebut karena harga nya terjangkau.
·
Place
PT Unilever Indonesia Tbk merupakan anak
perusahaan Unilever International yang berkantor pusat di dua kota yakni di
London, Inggris dan Rotterdam Belanda. Sementara di Indonesia, Unilever
berkantor pusat di Jakarta dan memiliki dua pabrik besar di Cikarang dan Rungkut
(Surabaya). Pabrik di Surabaya utamanya memproduksi sabun sedangkan di Cikarang
memproduksi es krim, margarin, dan berbagai makanan ringan. Secara umum
Unilever menjadi pemimpin pasar barang konsumer (consumer goods) di Indonesia.
Namun, kondisinya tidak sama untuk setiap kategori produk dan wilayah
pemasaran.
·
Promotion
1)
Periklanan
semua bentuk penyajian
nonpersonal dan promosi ide, barang atau jasa yang dibayar oleh suatu sponsor
tertentu.
2)
Promosi Penjualan
Berbagai insentif jangka
pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu atau jasa.
3)
Hubungan Masyarakat dan Publisitas
berbagai program untuk mempromosikan dan atau
melindungi citra perusahaan atau produk individualnya.
4)
Penjualan Secara Pribadi
interaksi langsung dengan satu calon pembeli
atau lebih untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan menerima pesan
5)
Pemasaran Langsung
penggunaan surat, telepon, faksimili, e-mail, dan alat penghubung
non personal lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau mendapatkan
tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan.
Hal ini
dilakukan untuk memastikan kepercayaan konsumen terhadap produk unilever.
Informasi segmen
Maksud dan tujuan
perusahaan berusaha dalam bidang produksi,pemasaran dan distribusi
barang-barang konsumsi. Untuk mencapai maksud dan tujuan seperti yang tersebut
diatas, perusahaan menjalan kan usaha nya secara terintegrasi. Segmen usaha
primer didasarkan pada produk utama sedangkan segmen sekunder
didasarkan pada lingkungan geografis operasional
perushaan.
a. Segmen usaha
dikelompokkan menjadi dua bidang
produk utama sebagai berikut:
>>Kebutuhan Rumah Tangga dan
Perawatan Tubuh, yang berkaitan dengan produk-produk pembersih yang digunakan
dalam rumah tangga dan produk-produk kosmetik.
>>Makanan dan Minuman, yang
berkaitan dengan produk-produk makanan dan minuman termasuk es krim.
b. segmen geografis
beroprasi hamper di seluruh
Indonesia,
Segmentasi pasar Promotional
Pendekatan
penjualan dan promosi penjualan akan efektif dan efisien apabila dirancang
dengan menerapkan pola regionalisasi atau diterapkan di daerah-daerah atau
kawasan tertentu. Unilever sudah menerapkan pola regionalisasi karena
Perusahaan Unilever telah memiliki pabrik-pabrik atau juga cabang perusahaan di
tiap-tiap negara. Hal ini dilakukan agar setiap negara dapat membeli produk
yang sesuai dengan keinginan dan kebiasaan mengkonsumsi produk yang sangat erat
hubungannya dengan cita rasa negaranya.
3.
Kegiatan Fungsi Keuangan
Dalam menyusun laporan
keuangan konsolidasi berdasarkan biaya perolehan historis, kecuali
asset dan kewajiban keuangan yang dicatat sebesar nilai wajarnya dan laporan
ini juga disusun dengan berdasarkan konsep akrual kecuali untuk laporan arus
kas konsolidasian. Laporan arus kas konsolidasian disusun menggunakan metode
langsung (direct method) dan arus kas di kelompkan atas dasar aktivitas
operasi,investasi dan pendanaan.
Dalam penyusunan laporan keuangan konsolidasian dengan menggunakan
prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia oleh sebab itu
dibutuhkan estimasi dan asumsi yang dapat mempengaharuhi nilai asset dan
kewajiban dilaporkan,dan pengunkapan atas asset dan kewajiban kontinjensi pada
tanggal laporan keuangan konsolidasian,serta sejumlah pendapatan dan beban
selama tahun pelaporan. Estimasi ini dibuat berdasar kan pengetahuan terbaik
manajemen atas kejadian saat ini, hasil yang muncul mungkin akan berbeda dengan
jumlah di estimasi awal.
PT
Unilever Indonesia Tbk dan Anak Perusahaan
Laporan
Posisi Keuangan (Neraca) Konsolidasian
30
Juni 2011 dan 31 Desember 2010
(Dinyatakan dalam Rupiah, kecuali dinyatakan
lain)
30SEPTEMBER 2011 31DESEMBER 2010
Aset
ASET
LANCAR
Kas
dan setara kas 1,876,429 317,759
Piutang
(Setelah
dikurang penyisihan piutang tidak
tertagih
sebesar Rp. 3.670 pada tahun
2011 dan Rp. 3.981 pada tahun 2010)
-Pihak
ketiga 1,776,358 1,445,450
-Pihak-Pihak berelasi 185,190 122,088
Uang Muka dan Piutang Lain-lain
-Pihak Ketiga 126,596 182,773
-Pihak-Pihak berelasi 1,372 2,322
Persediaan 1,921,565 1,574,060
(Setelah dikurangi penyisihan persediaan usang dan
persediaan tidak
terpakai/tidak laris sebesar
Rp 79.862 pada tahun 2011 dan Rp 63.306 pada tahun
2010)
Pajak dibayar dimuka 52,028 51,533
Beban dibayar dimuka 54,164 52,145
Jumlah Aset Lancar 5,993,702 3,748,130
Aset Tidak Lancar
Aset tetap 4,834,656 4,148,778
(Setelah dikurangi akumulasi penyusutan sebesar
Rp 1.015.408 pada tahun 2011 dan
Rp 913.074 pada tahun 2010 )
Goodwill 61,925 61,925
(Setelah dikurangi akumulasi amortisasi sebesar
Rp 22.029 pada tahun 2011 dan
Rp 22.029 pada tahun 2010)
Aset Tidak
Berwujud 617,917
646,356
(Setelah dikurangi akumulasi amortisasi sebesar
Rp 414.049 pada tahun 2011 dan
Rp 353.522 pada tahun 2010)
Beban Dibayar Dimuka 36,536 45,696
Asset-aset
lain 51,110 50,377
Jumlah Aset
Tidak Lancar 5,602,144 4,953,132
JUMLAH ASET 11,595,846 8,701,262
Catatan atas laporan keuangan konsolidasian
merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari laporan keuangan konsolidasian.
PT
Unilever Indonesia Tbk dan Anak Perusahaan
Laporan
Posisi Keuangan (Neraca) Konsolidasian
30
Juni 2011 dan 31 Desember 2010
(Dinyatakan dalam Rupiah, kecuali dinyatakan
lain)
30 Juni 2011 31 Desember
2010
KEWAJIBAN
Kewajiban
Lancar
Pinjaman Jangka
Pendek - 190,000
Hutang Usaha
-Pihak ketiga 1,950,585 1,612,672
-pihak-pihak berelasi 399,808 203,921
Hutang Pajak 454,826 208,778
Beban yang masih harus dibayar 2,012,326
1,460,974
Hutang
Lain-lain
-Pihak Ketiga 823,301 555,057
-pihak-pihak Berelasi 2,192,905 171,538
Jumlah Kewajiban Lancar 7,833,751 4,402,940
Kewajiban Tidak Lancar
Kewajiban Pajak
Tangguhan 50,108 49,939
Kewajiban imabalan
Kerja 218,937 199,530
Jumlah
kewajiban Tidak lancer 269,045
249,469
JUMLAH
KEWAJIBAN 8,102,796 4,652,409
Ekuitas
Modal Saham 76,300 76,300
(Modal dasar, seluruhnya ditempatkan dan
disetor
penuh: 7.630.000.000 lembar saham biasa
dengan nilai nominal Rp 10 (nilai penuh)
per
lembar saham untuk tahun 2011 dan 2010 )
Agio Saham 15,227
15,227
Selisih nilai transaksi restrukturisasi
entitas sepengendali 80,773 80,773
Saldo laba yang dicadangkan 15,260
15,260
Saldo laba yang belum dicadangkan 3,301,389
3,857,859
Ekuitas yang dapat diatribusikan kepada
Pemilik Entitas 3,488,949 4,045,419
Kepentingan Non-pengendali 4,101
3,434
Jumlah
Ekuitas 3,493,050 4,048,853
JUMLAH
KEWAJIBAN DAN EKUITAS 11,595,846
8,701,262
Catatan atas laporan keuangan konsolidasian merupakan
bagian yang tidak terpisahkan dari laporan keuangan konsolidasian.
PT Unilever Indonesia Tbk dan Anak Perusahaan Laporan
Laba
Rugi Konsolidasian Untuk Periode-Periode
Yang
Berakhir Pada 30 Juni 2011 dan 2010
(Dinyatakan dalam Rupiah, kecuali dinyatakan
lain)
3O
Juni 2011 31 Desember 2010
PENJUALAN
BERSIH 11,464,161 9,922,581
HARGA
POKOK PENJUALAN (5,549,235) (4,787,347)
LABA KOTOR
5,914,926 5,135,234
BEBAN USAHA
(3,163,637) (2,774,026)
Beban Pemasaran Dan penjualan
(2,530,453) (2,174,176)
Beban umum dan administrasi (633,184) (599,850)
LABA USAHA 2,751,289 2,361,208
(BEBAN)/PENGHASILAN
LAIN-LAIN
14,094 6,934
Keuntungan pelepasan asset
tetap 1,459
(382)
(Kerugian)/keuntungan selisih kurs ,
Bersih (2,579)
(11,861)
Penghasilan Bunga 24,875
27,273
Beban bunga (9,661)
(8,096)
LABA SEBELUM PAJAK
PENGHASILAN 2,765,383 2,368,142
Beban pajak penghasilan (696,466)
(598,917)
LABA TAHUN BERJALAN 2,068,917 1,769,225
Pendapatan/(beban) komprehensif lain setelah pajak - -
LABA KOMPHENSIF BERSIH 2,068,917 1,769,225
Laba yang dapat diatribusikan kepada :
Pemilik Entitas Induk 2,068,250
1,770,164
Kepentingan Non-pengendali 667 (939)
Jumlah laba tahun berjalan 2,068,917 1,769,225
Laba komprehensif bersih yang dapat di atribusikan kepada:
Pemilik Rntitas Induk 2,068,250
1,770,164
Kepentingan Non-Pengendali 667 (939)
Jemlah laba Kompherenship
bersih 2,068,917
1,769,225
LABA BERSH PER SAHAM DASAR
(dinyatakan dalam nilai penuh Rupiah per saham) 271 232
Catatan atas laporan keuangan konsolidasian merupakan bagian yang
tidak terpisahkan dari laporan keuangan konsolidasian
PT Unilever
Indonesia Tbk dan Anak Perusahaan
Laporan
Perubahan Ekuitas Konsolidasian
Catatan/ Notes
|
Modal saham/
|
Agio saham
|
Selisih nilai transaksi restrukturisasi
entitas sepengendali
|
Saldo laba yang dicadangkan
|
Saldo laba yang belum dicadangkan
|
Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk
|
Kepentingan Non-pengendali
|
Jumlah/
|
|
Saldo per 31 Desember 2009
|
76,300
|
15,227
|
80,773
|
15,260
|
3,515,259
|
3,702,819
|
4,373
|
3,702,819
|
|
Laba bersih tahun berjalan
|
_
|
_
|
_
|
_
|
3,386,970
|
3,386,970
|
(939)
|
3,390,404
|
|
Deviden
|
2u, 23
|
_
|
_
|
_
|
_
|
(3,044,370)
|
(3,044,370)
|
_
|
(3,044,370)
|
Saldo per 31 desember 2010
|
76,300
|
15,227
|
80,773
|
15,260
|
3,857,859
|
4,045,419
|
3,434
|
4,048,853
|
|
Laba bersih tahun berjalan
|
2,068,250
|
2,068,250
|
667
|
2,068,917
|
|||||
Dividen
|
2u, 23
|
_
|
_
|
_
|
_
|
(2,624,720)
|
(2,624,720)
|
(2,624,720)
|
|
Saldo per 30 Juni 2011
|
76,300
|
15,227
|
80,773
|
15,260
|
3,301,389
|
3,488,949
|
4,101
|
3,493,050
|
Untuk
Periode-Periode Yang Berakhir Pada 30 Juni 2011 dan 2010
Catatan
atas laporan keuangan konsolidasian merupakan bagian yang tidak terpisahkan
dari laporan keuangan konsolidasian
4. Kegiatan Fungsi SDM
PENGEMBANGAN SDM
Perusahaan
menciptakan masa depan yang lebih baik setiap hari, bekerja sama dengan
konsumen, LSM, karyawan, pelanggan dan pemasok.
Mulai pada tahun
2000, Unilever Indonesia melalui Yayasan Unilever Indonesia meluncurkan Program
Pendidikan Kesehatan Masyarakat (PHE).
Kegiatan
manajemen sumber daya manusia pada pengadaan,pengunaan dan pemeliharaan sumber
daya manusia. Supaya ke tiga tahap kegiatan tersebut dapat berjalan dengan
lancer harus di persiapkan suatu system yang handal.
1.Tahap
pengadaan mencakup perencanaan SDM,Rekrutmen,seleksi dan orientasi
2.tahap
penggunaan harus memperhatikan kesesuian antara kemampuan SDM dan
pendidikan,supevisi dan penilain kenirja serta imbalan dan jaminan perlindungan
keshatan kerja.
3.pemeliharaan SDM bertujuan untuk mensejahterakan karyawan agar
mereka measa puas bekerja.
Salah satu
keunggulan peusahaan unilever ada pad kualitas sumbe daya manusia nya kaena
peusahaan unilever secara rutin merekrut lulusan bau dai univesitas terkemuka
yang kemudian selama 3 bulan di berikan pengarahan dan pelatihan system
poduksi,pemasaan dan keuangan sebelum
menjadi karyawan tetap. Tenaga kerja yang diserap secara langsung oleh unilever
mencapai 3.000 orang sedang kan tenaga kerja tidak lansung mencapai 25.000
orang. Peruahaan ini sangat peduli akan nasib para pegawai nya oleh sebab itu
perusahaan memberikan imbalan untuk kesejahteraraan bagi karyawan nya diantara
nya adalah :
1.imbalan kerja
jangka pendek
2.program bonus
3.imbalan pensiun
imbalan kesehatan pasca-kerja
4.imbalan
pasca-kerja dan jangka panjang lain nya
Selain itu sejak
tahun 2000 perseroan juga memiliki program khusus bagi karyawan tingkat manajer
keatas untuk memiliki saham di perusahaan dengan syaran menginvestasikan
sebesar 25%dari bonus tahunan merka dalam bentuk saham unilever.
Daftar Pustaka
Poin terakhir saya untuk mengucapkan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah bahwa ketika Tuhan mengirim saya makanan untuk bisnis dan penghidupan saya sampai hari ini, saya melihat seseorang yang bersaksi tentang kredit yang baik di facebook dan saya melamar, Mother RIKA ANDERSON LOAN COMPANY: w/s +19147057484 memberi saya pinjaman sebesar Rp150.000.000 dan ditransfer langsung ke rekening bank BRI saya baru-baru ini. Saya hanya bisa memberikan kesaksian online karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang sangat membutuhkan, dan dengan suku bunga rendah. Jangan buang waktu lagi untuk membayar utang dan tagihan Anda dengan bantuan perusahaan pinjaman Mrs. Rika Anderson. Anda dapat bergabung dengan ibu melalui rikaandersonloancompany@gmail.com, Dia adalah ibu yang baik dan berbudi luhur, jadi jangan takut untuk menemuinya untuk meminta bantuan. Jika Anda memiliki keraguan atau ketakutan, Anda dapat menghubungi saya melalui farahagungs@gmail.com
BalasHapus