Minggu, 11 Januari 2015

Kesiapan diri anda Menghadapi MEA 2015

Tahun 2015 ini akan dilaksanakan MEA yaitu Masyarakat Ekonomi Asean. Sebagai mahasiswa tingkat akhir ini merupakan tantangan, bagaimana tidak dibuka nya MEA sekaligus awal dari karir kita. Setelah lulus kuliah kita harus dihadapkan pada kesiapan diri kita menghadapi persaingan di pasar global, mungkin banyak lulusan luar negri dari negara-negara asean yang mengincar Indonesia untuk bekerja di Indonesia hal ini pasti akan terjadi karena Indonesia adalah negara berkembang yang kaya akan kekayaan alam nya.
Untuk itu sebagai lulusan dalam negeri kita jangan mau kalah bersaing dengan para sarjana yang dari luar negeri. Begitu kita lulus kita hanya mempunya dua pilihan untuk meraih kesuksesan nanti yaitu dengan membuka usaha (Job creator) atau menjadi pekerja (Job Seeker). Kedua pilihan tersebut merupakan kesiapan diri kita bagaimana mempersiapkan diri ketika pelaksanaan MEA dibuka.
Untuk kesiapan diri saya menghadapi MEA, saya akan mengawali dengan menjadi Job Seeker terlebih dahulu karena saya ingin mencapai tujuan saya terlebih dahulu menjadi seorang akuntan. Kemudian setelah saya cukup banyak memperoleh pengalaman dan modal yang cukup dari bekerja saya akan memulai langkah kedua yaitu membuka usaha. Membuka Usaha merupakan suatu alasan untuk mendapat penghasilan yang lebih namun selain itu saya juga ingin turut serta  untuk membantu perekonomian negara, karena dengan saya mebuka usaha maka saya akan menyerap atau membutuhkan banyak tenaga kerja sehingga mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia.
Untuk menjadi seorang akuntan mungkin tidak mudah banyak proses yang harus dijalani dengan syarat-syarat tertentu dan ditambah lagi dengan persaiangan MEA tahun ini. Seperti yang saya jelaskan diatas, tahun ini merupakan tantangan bagi kita lulusan dalam negeri untuk memperoleh pekerjaan. Kesiapan diri yang harus dilakukan agar siap bersaing dengan lulusan luar negeri adalah dengan meningkat kemampuan dan pengalaman kita dalam bekerja, bukan tidak mungkin kita dapat mengalahkan para pekerja dari luar. Selain itu kita juga harus mempunyai semangat yang tinggi dan tidak mudah menyerah dan yakin bahwa kita mampu bersaing dengan pekerja luar akan bermunculan.
Selain itu kesiapan diri kita dalam membuka usaha juga harus perlu kita perhatikan, yaitu kesiapan menerima kemungkinan buruk yang ada. Yang mana kita tahu dalam membuka suatu usaha memerlukan modal yang cukup banyak. Apalagi jika kita membuka usaha yang memang lumayan besar dengan resiko yang mungkin juga besar. Oleh sebab itu kita harus berani mengambil sebuah keputusan dimana mungkin saja hal-hal buruk akan terjadi. Jika kita berani mengambil resiko maka kedepan nya akan semakin baik. resiko itu mungkin saja ada apalagi jika kita mengalami kegagalan. Namun jika kita banyak mengambil pengalaman dari kegagalan dan berani memulai kembali. Bukan tidak mungkin kita akan berhasil. Semua kembali kepada niat kita.
Jika kita menjadi pengusaha yang sukses bukankah kita akan bangga dapat membuka banyak lapangan pekerjaan untuk para pencari kerja dalam negeri. Seberat apapun persaingan MEA nanti teruslah berusaha dan semangat. Menjadi apa kita selanjutnya Job creator Atau Job Seeker hanya diri kita yang tau jalan menuju kesuksesan tersebut hanya saja bagaimana anda  membawa kesiapan diri anda dapat bersaing di dunia kerja.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar